Dua hari lalu Elon Musk ngetwit tentang Bitcoin. Kali ini ekstrim, ia menolak Bitcoin dan sesumbar bahwa Tesla tak akan beli Bitcoin.

Dampaknya fatal. Harga Bitcoin terjun bebas 17% hanya dalam 2 jam setelah twit diunggah. Elon Musk saya sebut “GIANT OPINION LEADER” (bukan sekedar Key Opinian Leader or KOL) karena pengaruhnya yang luar biasa terhadap sebuah brand.

Seperti halnya KOL, sosok GOL punya pengaruh besar dalam memarketingkan (maupun mendemarketingkan) sebuah brand. 

Keduanya punya EXPERTISE

Keduanya punya AUTHENTICITY

Keduanya juga punya CREDIBILITY

Bedanya di INFLUENCING POWER.

GOL tak hanya memengaruhi konsumen untuk membeli or tidak membeli sebuah brand, tapi bisa sampai meruntuhkan brand tersebut. 

Dalam kasus Bitcoin di atas misalnya, “serangan” Elon Musk sangat “telak” ie Bitcoin dianggap tidak environmentally-friendly. Pengaruhnya jangka panjang ke nasib dan masa depan Bitcoin.

Di samping itu GOL tidak sekedar mengubah persepsi, asumsi, dan sentimen followers si GOL, tapi lebih luas lagi, seluruh stakeholders industri. Dalam kasus Bitcoin, sentimen industri kripto diputar-balik oleh Elon Musk. Akibatnya industri ini rugi hingga Rp 5120 triliun hanya dalam 2 jam. 

Comments to: GOL = Giant Opinion Leader

Your email address will not be published. Required fields are marked *