fbpx

Kopi Kenangan (KK) saya masukkan ke dalam salah satu COOL+AGILE Brands dalam buku terbaru saya “The Rise of COOL+AGILE Brands” yang terbit bulan lalu.

Yang belum baca buku tsb, “COOL+AGILE Brands” adalah “club of elites” brand-brand baru di Indonesia yang umumnya dibangun oleh founder milenial.

Saya sebut COOL karena usianya kurang dari 10 tahun. Dan AGILE, karena piawai merespons dan menaklukkan TRIPLE DISRUPTION (digital, milenial, pandemic).

Sejak awal saya memprediksi Kopi Kenangan bakal menjadi “the next unicorn” Indonesia. Berikut 3 alasannya:

1. FIT & STRONG BIZ MODEL

KK melesat di antara pesaing-pesaingnya karena memiliki model bisnis yang fit dengan kondisi pasar.

Pertama karena LEAN operation (konsep “Grab n Go” dan “simpllified services”) yang tercipta dengan mengaplikasikan teknologi DIGITAL.

Kedua UBIQUITOUS networks, yaitu gerai yang kecil, staf sedikit, overhead ramping, namun cabangnya massif dimana-mana (kini sudah 600 gerai)

Dengan model operasi yang kokoh ini KK mampu menawarkan value proposition “MORE for LESS” (hypervalue: “customer get more n pay less”) sehingga ia cepat membesarkan pasar.

2. STRONG FUTURE MARKET: MILENIAL

KK sukses melakukan RIDING THE WAVE terhadap dua megatrend yang terjadi di pasar perkopian di Indonesia.

Pertama, KK sukses merebut hati milenial sebagai CORE target customer-nya. Milenial adalah HOT segment yang sebentar lagi mendominasi pasar Indonesia dan dunia

Kedua, KK jeli menunggangi tren “third wave” kopi yang marak terjadi 5 tahun terakhir. Seperti kita tahu kini dunia kopi bergerak dari “first wave” (era kopi instan), “second wave” (era kedai kopi modern ala Starbucks) dan kemudian “third wave” (era kopi specialty).

3. STRONG SCALABILITY

Model bisnis yang dibangun KK bersifat SCALABLE artinya bisa diperluas dan direplikasi ke seluruh Indonesia, Asia, bahkan dunia. Itu sebabnya KK akhir-akhir ini agresif berekspansi ke pasar Asia Tenggara.

SCALABILITY inilah yang menjamin SUSTAINABILITY dari bisnis KK ke depan sehingga layak mendapatkan valuasi pasar yang tinggi

Follow @yuswohady

Get the book bit.ly/inventure-cab

Comments to: KENAPA KOPI KENANGAN BISA JADI UNICORN?

Your email address will not be published. Required fields are marked *