Heboh kampanye branding McD + BTS mengingatkan saya pd buku yg sy terbitkan tahun 2008.

Judulnya: CROWD: “Marketing Becomes Horizontal.”

Dgn sub-judul: Your CUSTOMERS are SALESMEN.

Buku itu memuat FORMULA pemasaran gaya baru yg sy sebut CROWD Marketing or HORIZONTAL Marketing. Mengadaptasi Einstein, formula itu berbunyi begini:

E = wMC2

Dimana:

– E : Energi marketing sedahsyat ledakan bom nuklir
– wM : Word of Mouth.
– C2 (kuadrat) : Community, mencakup OFFLINE & ONLINE community.

Nah, intinya formula itu mengatakan ENERGI marketing yg dahsyat akan dihasilkan jika kita bisa membentuk “CROWD of 3F” (FANS, FRIENDS, FOLLOWERS).

Dimana di dlm CROWD tersebut diciptakan WORD OF MOUTH di antara para 3F secara peers-to-peers. Melalui medium COMMUNITY baik OFFLINE (clubs, gang, or xxx) maupun ONLINE  (Fb, IG, or TikTok).

Dgn memahami formula tsb mjd jelas knp kampanye McD + BTS memiliki impact sedahsyat bom nuklir.

Itu terjadi krn McD + BTS membalik pendekatan dr VERTICAL ke HOIZONTAL marketing.

+ Dari “Brand to Customer” ke “Customer to Customer”.
+ Dari “One to Many” ke “Many to Many”
+ Dari “Mass Media” ke “Social Media”
+ Dari “Menembak dari Atas” ke “Terjun ke grassroot di bawah”
+ Dari “Top Down” ke “Peers to Peers”

McD cerdas memainkan formula di atas, yaitu memfasilitasi CROWD or fans BTS utk menggelembungkan WORD OF MOUTH di antara mrk (peers to peers) melalui COMMUNITY di socmed.

Itu sebabnya kampanye McD + BTS begitu dahsyat layaknya ledakan BOM NUKLIR.

Follow @yuswohady@inventureknowledge
www.yuswohady.com

Comments to: MCD + BTS & CROWD MARKETING

Your email address will not be published. Required fields are marked *