fbpx

Kamis kemarin viral berita seorang crazy rich Malang menghadiahi ulang tahun anaknya dgn satu truk Kinder Joy (KJ) 

Ini bukan yg pertama, sebelumnya byk viral di seputar brand asal Italia ini.

Setelah heboh BTS Meal n Bear Brand, inilah satu lg contoh EVANGELIST MARKETING yg heboh.

Berikut pelajaran2nya:

#1. PERFECT VALUE PROPOSITION
Value proposition KJ keren bgt. Yg pertama tentu cokelat premium (CONTENT) dg harga premium. Yg kedua sbg “SELLING HOOK” adl mainan (CONTEXT) di dlm “surprise egg” yg membuat setiap anak penasaran.

Cokelatnya mgkin biasa, tp “SURPRISE EFFECT” dr mainan di dlm telur yg berganti2 n penuh misteri membuat si anak penasaran n selalu ingin beli.

#2. GREAT MARKETING TO “KIDS & MOM”
Dgn cerdas KJ “memainkan” relasi anak-ibu dlm proses pengambilan keputusan pembelian. Anak sbg USER n INFLUENCER n ibunya sbg DECIDER n PURCASHER.

Contohnya, KJ sengaja menempatkan produknya di rak kasir minimarket dgn posisi di eye-level si anak.

Tujuannya, ktk si ibu (sbg decider) siap membayar belanjaan di kasir, si anak sbg STRONG INFLUENCER serta-merta merengek2 minta dibelikan  Dan dlm sekejap keputusan pembelian pun diambil.

Sebuah kombinasi behavioral + momentum marketing yg cerdas.   

#3. HABIT-FORMING
KJ menggunakan pendekatan HABIT-FORMING MARKETING, yaitu marketing yg bertujuan menciptakan kebiasaan n kecanduan.

Caranya, pertama dgn menciptakan SURPRISE EFFECT setiap kali anak membuka telur. Kedua, mendorong anak mengoleksi mainan. Gamifikasi COLLECTIBLE ITEMS inilah yg powerful menciptakan HABIT pd si anak.

Habit inilah yg menyebabkan anak merengek2 bahkan meronta2 begitu si ibu tak meluluskan permintaannya di depan kasir.

#4. CREATE BUZZ
By-default KJ adl SHAREABLE PRODUCT alias produk yg seru dibicarakan tak hanya di kalangan ibu2 tp jg bapak2.

Bbrpa waktu lalu misalnya, muncul viral dr seorng bpk di Facebook ttg harga KJ yg mahal pdhal gaji yg diterimanya nggak seberapa. 

Cerita emak2 n bapak2 di sosmed ini merupakan “pemasaran gratis” bagi KJ yg sgt powerful. Sy menyebutnya EVANGELIST MARKETING.

Follow @yuswohady

Comments to: #PelajaranMarketing DARI KINDER JOY

Your email address will not be published. Required fields are marked *