Dalam buku “Millennials Kill Everything” (2019) sy menulis: “millennials KILL soda”.

Lho kok bisa?

Tahun 1985, di negara asalnya AS, Coca Cola meluncurkan New Coke sekaligus mau mematikan Coca Cola klasik.

Apa yg kmd terjadi?

Para konsumen fanatik Coca Cola di seantero negeri sontak protes keras. Blunder terbesar dlm 100 tahun sejarah Coca Cola ini melahirkan para CUSTOMER EVANGELIST yg mghendaki Coca Cola kembali ke “selera asal”.

Maka kmd Coca Cola pun mengoreksi blundernya dgn meluncurkan kampanye Coca Cola Classic.

Itu dulu tahun 1980an. Kini zaman sdh berubah, preferensi konsumen berubah, gaya hidup sdh berubah.
.
Konsumen yg membela mati2an Coca Cola kala itu adl konsumen BABY BOOMERS dan Gen-X. Smntara kini pasar dunia dikuasai konsumen MILLENNIAL.

Klo generasi Baby Boomers/Gen-X bangga dg soda, mk generasi milenial bilang “the death of soda”. Generasi milenial mulai mengurangi soda beralih ke AMDK.

Krn itu sy menyikapi aksi Ronaldo di gelaran Euro 2021 Senin lalu sbg “SUARA GENERASI MILENIAL” yg telah berubah preferensinya.

Aksi CR7 adl ekspresi “KOREKSI TOTAL” thd gaya hidup lama generasi sebelumnya yg telah usang, yaitu gaya hidup tidak sehat.

Lebih luas lagi, CR7 mjd “simbol perlawanan” generasi milenial thd “KESALAHAN & AIB” generasi2 sebelumnya.

Setiap generasi ada gaya hidupnya. Setiap gaya hidup ada generasinya.

Aksi CR7 menandai: The DEATH of “soda generation”. The BIRTH of “aqua generation”.

Inilah yg saya sebut MILLENNIAL DISRUPTION. Yaitu disrupsi yg disebabkan oleh MEGASHIFTS dlm preferensi, gaya hidup, kebiasaan generasi milenial, yg menyebabkan brand2 top mjd TIDAK RELEVAN di mata mrk.

Sasaran empuk millennial disruption adl brand-brand tua n telah melegenda (byk di antaranya mjd success story buku2 marketing lama: Coca Cola, GE, Levi’s, McD, Hard Rock Cafe, MTV, Harley Davidson, dll)

Pertanyaannya: “Millenial kills soda. Will it kill Coca Cola also?”

Let’s discuss.

NB:
“Wake-up call” bagi brand2 legendaris Indonesia: Sosro, Dji Sam Soe, Sasa, Garuda Indonesia, Matahari, Pegadaian, BRI, dll.

Follow @yuswohady@inventureknowledge
www.yuswohady.com

Comments to: RONALDO vs COCA COLA “THE MILLENNIAL DISRUPTION”

Your email address will not be published. Required fields are marked *