fbpx

SINTEGRASI adalah singkatan dari “SINERGI melalui INTEGRASI”.

Yaitu menciptakan SINERGI bisnis melalui integrasi dan penguasaan ekosistem bisnis.

Seminggu ini kebetulan ada tiga peristiwa bisnis besar yang ketiganya bisa diwakili oleh satu kata ini: SINTEGRASI.

Pertama adalah akuisisi BRI atas Pegadaian dan PNM. Kedua, akuisisi Blibli atas Ranch Market. Ketiga, merger antara Indosat Ooredo dan Tri menjadi Indosat Ooredoo Hutchison.

#1. BRI + Pegadaian + PNM
Langkah strategis menjadikan BRI sebagai induk Pegadaian dan PNM adalah upaya menciptakan sinergi melalui penguasaan ekosistem ultra mikro secara “end-to-end” dari hulu ke hilir.

Dimulai dari pemberdayaan usaha ultra mikro oleh PNM agar naik kelas menjadi usaha kecil-menengah yang ditangani Pegadaian agar naik kelas lagi menjadi menengah-besar yang dikembangkan lebih lanjut oleh BRI.

Jadi akuisis ini menggarap business journey UKM dgn end-to-end solution. Di sinilah SINERGI-nya.

#2. BLIBLI + RANCH MARKET
Akuisis Blibli punya cerita agak lain. Saya menyebutnya “SINERGI OMNI“, yaitu mengintegrasikan channel digital dan fisikal utk menciptakan UX terbaik.

Modelnya sama dengan Amazon saat mengakuisisi Whole Foods. Ingat, the real winner is not digital king or physical king. But OMNI king.

#3. INDOSAT OOREDOO + TRI
Terakhir adalah Indosat Ooredoo dan Tri yang melakukan merjer di tengah rasionalisasi industri telco yg kian matang (post red ocean).

SINTEGRASI Indosat Ooredoo n Tri adl keniscayaan untuk mencapai skala menghadapi pemimpin pasar Telkomsel. Potensinya sinerginya  amat luas baik dari sisi customer base, jaringan, SDM, maupun teknologi.

Follow @yuswohady

Comments to: SINTEGRASI

Your email address will not be published. Required fields are marked *