Kusumo Martanto, CEO BliBli.Com

Aktivitas belanja online meningkat drastis selama pandemi. Kami mendefinisikannya konsumen dalam hal online shopping semakin deepening dan widening. Pembatasan sosial yang membuat mobilisasi orang terhambat sehingga untuk urusan belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih praktis dilakukan secara online. Jika sebelum pandemi berbelanja online hanya untuk kebutuhan sekunder atau tersier kini, konsumen juga mulai convenience berbelanja kebutuhan primer. Seperti misalnya kebutuhan bahan pokok beras, gula, telur, daging, sayur, dsb. Inilah yang kami sebut deepening. Selain itu konsumen sekali belanja langsung dalam jumlah yang besar (widening).

Meskipun, tren online shopping begitu booming tidak lantas membuat toko offline kehilangan peminat. Hal ini dikarenakan kemudahan akses dan dekat dengan tempat tinggal. Pandemi membuat batas antara toko online dan offline menjadi abu-abu. Toko online membangun toko offline begitu pula toko offline akan mendaftarkan lapaknya ke platform penyedia toko online. Kedepannya, konsumen akan semakin omni.

Artinya sebagai pemain di bisnis ritel, kemudahan akses terhadap konsumen adalah kunci. Bagaimana strategi rantai distribusi yang perlu disiapkan oleh pemain di bisnis ini?

#MarketingOutlook2021 #2021TahunBangkit

Comments to: Store Going OMNI

Your email address will not be published. Required fields are marked *